Jumat, 15 Januari 2010


Eyeshield 21
Eyeshield 21 adalah judul manga dan anime karya Inagaki Riichiro dan Murata Yuusuke yang bercerita tentang seorang sekelompok murid SMA yang mengikuti kegiatan klub sepak bola Amerika di sekolahnya. Eyeshield 21 pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha dalam majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan Real Comics.
Eyeshield 21 terbitan Elex Media Komputindo sekarang baru mencapai volume 25. Sedangkan di Jepang pada majalah Shonen Jump sudah mencapai Chapter 328th Down dengan cerita Pertarungan antara tim jepang melawan tim Amerika pada kejuaraan American football dunia untuk remaja.
Plot
Awalnya manga ini menceritakan tentang dua orang pemain muda America Football yang berada di satu sekolah. Kedua pemuda ini mempunyai kemampuan yang berbeda, yang satu keahliannya di bidang tenaga dan yang satu lagi mempunyai keahlian di bidang teknik. Kedua pemuda ini mempunyai impian yaitu bermain di stadion nasional Jepang dan menjadi juara di tingkat nasional. Akan tetapi, mereka berdua tidak mempunyai tim yang lengkap untuk bermain sebagai tim yang utuh. Untuk mengatasi itu, salah satu pemuda itu mempunyai ide untuk membuat klub sepak bola amerika di sekolahnya. Akhirnya, klub itu terwujud.
Akan tetapi, pada tahun pertama, klub itu kurang diminati oleh para murid di sekolahnya,yang akhirnya membuat mereka gagal ke liga nasional. Di tahun kedua, mereka pun mencoba mencari pemain yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka pun menemukan pemain yang mereka idamkan selama ini. Dia dijuluki "Eyeshield 21" karena dia memakai pelindung mata pada pelindung kepalanya juga seragam bernomor punggung 21. Dia memakai pelindung mata untuk mencegah identitasnya diketahui oleh orang lain (terutama Mamori), dan perjalanan panjang pun dimulai dari sini. Deimon pun bertemu banyak tim. Mulai dari yang terlemah, Koigahama Cupids sampai yang terkuat, Teikoku Alexanders.
Tokoh
Tim Deimon Devil Bats (泥門デビルバッツ ?)
Kobayakawa Sena (小早川瀬那, Kobayakawa Sena) Pengisi Suara : Miyu Irino
Sena adalah seorang murid SMA Deimon yang lemah dan penakut. Sejak SD, Sena sudah dijadikan budak oleh teman-temannya. Sena juga memiliki teman masa kecil bernama Anezaki Mamori (姉崎まもり, Anezaki Mamori) yang selalu melindunginya jika diganggu oleh anak lain. Walaupun begitu, Sena memiliki kaki yang (amat) cepat karena sering berlari untuk memenuhi perintah anak-anak nakal itu. Lalu suatu saat, ketika Sena berhasil lulus tes masuk, ia dijebak Hiruma untuk mendapatkan alamat rumahnya, juga memasukan banyak brosur klub sepak bola Amerika di rumahnya. Tapi, yang membuat dia manjadi tertarik ingin masuk klub karena dia ingin menjadi syumu (sekretaris klub) tersebut. Tapi, lama-kelamaan dia akhirnya bersemangat menjadi seorang pemain juga. Saat SD, Sena sudah dijadikan budak oleh teman-temannya. Dia selalu diselamatkan oleh Kaitani Riku, teman sekelasnya. Riku mempunyai kaki yang cepat dan dialah yang mengajarkan Sena cara lari cepat agar Sena tidak diganggu lagi oleh teman-temannya. Tapi, Sena malah menggunakan kemampuan larinya supaya lebih cepat saat disuruh-suruh. Sayangnya, Riku hanya 2 minggu sekelas dengan Sena karena orang tuanya pindah kerja. Tapi ia akan bertemu Sena lagi dalam posisi sebagai runnerback Seibu Wild Gunmans. Ia melatih kecepatan kakinya dengan teknik lari yang diajarkan Riku, selama 6 tahun, sehingga kecepatan larinya makin cepat.
Teknik
Devil Bat Ghost: teknik crossover step dengan mengerem tanpa mengurangi kecepatan. Sena mempelajari teknik ini dalam 2000 km Death March di Amerika dengan menendang batu. Efek teknik ini menimbulkan bayangan seperti Sena menjadi 2 yang dapat membingungkan blocker lawan, dan membuatnya salah memperhitungkan timing yang tepat untuk tackle. Belakangan, teknik ini berkembang sebagai dasar dari teknik Sena lainnya.
Devil Light Hurricane: disebut juga Devil Bat Tornado. Teknik ini dibuat pada saat pertandingan melawan Kyoshin Poseidon, dengan menggabungkan Devil Bat Ghost dan gerakan Spin. Menimbulkan efek putaran yang membuat teknik tackle dengan 2 tangan(seperti Anchor Grapple milik Kakei) tidak berguna.
Devil Bat Dive: Sena melompat ke atas barisan line yang bertabrakan dengan kecepatan penuh. Hiruma hanya memperbolehkan Sena melakukan teknik ini 1 atau 2 kali pada pertandingan karena teknik ini sangat berbahaya.
Devil Stungun : menggunakan lengannya, Sena menangkis Trident Tackle Shin dan sukses, walaupun sakitnya bukan main dan Shin melancarkan Trident Tackle lagi dari lengan kirinya. Sena mendapat inspirasi dari pertarungan melawan Agon Kongou. Teknik ini mirip dengan teknik Panther aka. Patrick Spencer dari NASA Aliens, gerakan ini mengorbankan keselamatan bola untuk lolos dari lawan. Teknik ini sedikit menggunakan gerakan jabbing dari tinju. Teknik ini berhasil dipatahkan oleh Marco dari Hakushuu Dinosaurs,yang menggunakan teknik Screw Bite.
Devil Ghost Dive : Sena menggunakan Devil Bat Ghost dan tiba-tiba melompat ke atas lawan. Teknik ini dipakai ketika melawan Shin Seijuurou, dan digabungkan dengan Devil Stungun ketika di udara untuk menangkis Trident Tackle Shin. Shin dikalahkan oleh Sena dengan teknik ini. Teknik ini dipakai pada saat play terakhir melawan Ojo White Knights pada turnamen Kanto dan saat melawan Yamato dari Teikoku Alexander di Christmas Bowl. Tetapi Yamato bisa mematahkan teknik ini.
Vertical Devil Light Hurricane : Sena memperkecil jarak dengan lawan, lalu mendorong sambil berputar dengan kecepatan cahaya. Dengan menggunakan tubuh lawan sebagai tumpuan, Sena berputar sambil menghindari segala serangan lawan. Dengan jarak yang sangat sempit, membuat lawan dengan teknik defensive attack yang dekat (seperti Screw Bite Marco) tidak bisa merebut bola.
Multiple Devil Bat Ghost : Di chapter 287, setelah Yamato menunjukkan Ghost Steps "yang asli" , Sena memutuskan untuk menyempurnakan Devil Bat Ghost-nya dengan crossover step yang liar dan cut step sederhana, dapat membuat 4 "bayangan".
Devil 4th Dimension : Teknik lari terkuat Sena, diciptakan pada saat Christmas Bowl melawan Teikoku Alexanders. Ketika berlari dengan kecepatan cahayanya,Sena melakukan backstep yang sangat cepat, tanpa mengubah kecepatannya atau keseimbangannya: melakukan ini ketika lawan sedang menackle menyebabkan tackle lawan meleset dengan sempurna. Menyebabkan Sena lepas dari penjagaan sehingga bisa bergerak dengan leluasa. Pada lawan, teknik ini berefek seperti waktu berjalan mundur(dimensi keempat). Kelemahan teknik ini adalah sesudah Sena melakukan backstep, ada periode ketika Sena mengubah arah larinya dalam sekejap. Sehingga ia berhenti. Pemain bertahan bisa menghentikan langkahnya ketika melihat backstep dan melihat ke arah lari Sena. Yamato memutuskan untuk mematahkan backstep dengan menguncinya dengan teknik Caesar Charge. Mnggunakan seluruh kekuatannya untuk menambah kecepatannya hingga kecepatan cahaya yang melebihi Sena dalam waktu sekejap, yang melebihi kecepatan Sena. Sena akhirnya menutup kelemahan itu dengan menggabungkan lari Devil 4th Dimension dengan Devil Bat Ghost. Membingungkan lawan pada saat sesudah Sena melakukan backstep. Yamato pun ditaklukkan. Sena melakukan Devil Bat Ghost itu dengan lari mundur yang pada akhirnya dinamakan Reverse Devil Bat Ghost.Setelah itu, Yamato menyatakan tidak ada kekuatan atau bakat yang dapat mematahkan teknik ini, itu adalah "kecepatan asli".
Statistik:
Rekor lari 40 yard: 4.2 detik(berkembang menjadi 4.1 detik)
Bench Press: 10 kg, 40 kg di vol. 5, dan 45 kg in di. 10
Posisi: Running Back
Nomor Pemain: 21
Kelas 1 SMA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar